Ong Kim Swee dipecat Pasca Gagal Antarkan Timnas Malaysia ke Semifinal

Kabar mengejutkan datang dari dunia sepak bola Malaysia. Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi memecat Ong Kim Swee, hari ini, Kamis (5/12). Pemecatan Ong Kim Swee ini pasalnya hanya berselang satu hari saja pasca timnas Malaysia dinyatakan gagal melaju ke semifinal cabor sepak bola di ajang SEA Games 2019. 

Ong Kim Swee dipecat Sehari Setelah Malaysia Gagal ke Semifinal

“Kontrak dengan timnas U22 Malaysia (B22) tak dilanjutkan,” ungkap Sekjen FAM, Stuart Ramalingam. Akan tetapi, FAM masih ingin melibatkan pelatih timnas Malaysia itu dalam struktur persepakbolaan Malaysia. 

“Jangan lupa tentang kontribusinya pada sepak bola Malaysia dan juga bagi FAM juga. Kami tidak pernah melupakan itu dan mungkin ada tempat bagi Ong Kim Swee dalam struktur sepak bola Negara (Malaysia),” ungkapnya lagi. 

Diberitakan dari Kompas.com bahwa Malaysia dipastikan gagal melaju ke babak semifinal cabor sepak bola di ajang SEA Games. Kepastian tersebut didapatkan setelah timnas yang dijuluki dengan Harimau Malaysia itu tak mampu mengatasi perlawanan dari Kamboja di laga pamungkas yang ada di Grup A.

Kedua tim yang bertanding di Stadion Rizal Memorial, Rabu (4/12) ini menjadi saksi Malaysia dikalahkan oleh Kamboja togel keluar hari ini singapura dengan skor 1-3. Kamboja sendiri unggul terlebih dulu di menit ke-56 lewat Sodavid In yang mana memanfaatkan bola. Semenit setelahnya, Kamboja berhasil menambahkan keunggulannya melalui gol yang dicetak oleh Chantea. Kemudian skor menjadi 2-0. 

Tidak puas dengan 2 gol, Kamboja kemudian melesakkan golnya yang ketiga di menit ke-68 lewat Keo Sokpheng. 

Malaysia sendiri keok dan baru bisa memperkecil selisih gol jadi 1-3 lewat gol yang diciptakan oleh Dominic Tan. Dengan kekalahan yang dialami oleh timnas Malaysia ini, mereka hanya menempati peringkat keempat saja di klasemen akhir Grup A. Poin yang mereka dapatkan dari 4 pertandingan hanya lah 4 poin saja. Mereka Cuma satu tingkat di atas juru kuncinya, yakni Timor Leste, yang tidak memiliki satu pun poin. 

Ong Kim Swee Sempat Favoritkan Timnas Indonesia U22

Beberapa bulan waktu yang lalu, pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, sempat berkata bahwa ia mengagumi Timnas Indonesia U22 dan menjagokannya di ajang Piala AFF U22 2019. Ong Kim Swee sendiri menilai bahwa Timnas Indonesia U22 dapat melaju dengan mudanya di fase grup Piala AFF U22 2019. 

“Kamboja, kami tak bisa menganggap remeh karena berstatus sebagai tuan rumah, sedangkan Myanmar dan Indonesia telah berlatih lebih lama dari kami,” katanya beberapa waktu lalu dilansir dari Kompas.com yang seolah menjadi tanda atau isyarat bahwa mereka akan kalah dari Kamboja. 

“Indonesia telah berlatih selama 3 pekan sehingga mereka adalah favorit dan kami menganggap diri kami sebagai yang paling lemah,” ucapnya lagi beberapa bulan lalu juga. 

Malaysia sendiri tergabung dengan Indonesia, Myanmar dan juga Kamboja di Grup B di ajang Piala AFF U22 2019 beberapa waktu lalu. Memang, Malaysia tidak dapat cukup waktu untuk bisa menjalani persiapan menjelang persiapan Piala AFF U22 2019 tempo hari. Pasalnya, turnamen Piala AFF ini diselenggarakan nyaris bersamaan dengan kompetisi yang lainnya, Liga Super Malaysia. Hasilnya adalah beberapa pemain mereka tidak mendapatkan izin dari klub masing-masing untuk membela timnas U22 Malaysia.  Ong Kim Swee sempat juga mengeluhkan kekurangan pasokan gelandangnya. Dan sekarang ia harus mengucapkan selamat tinggal pada timnas yang diasuhnya itu.

Categories: Olahraga, Ong Kim Swee dipecat, SEA Games 2019, Sepak Bola, Timnas gagal

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *