Apa Saja Rapor Buruk Indonesia di Laga Pamungkas Lawan Laos

Timnas Indonesia U23 memiliki pengalaman buruk melawan Laos saat mereka kalah dengan skor 0-2 di ajang SEA Games 2009 menjelang laga pamungkasnya di Grup B yang saat itu dilangsungkan di Stadion Imus Grandstand, Kamis (5/12). 

Semenjak era U23 dimulai pada tahun 2001 silam di SEA Games, Indonesia pasalnya sudah 3 kali bertemu dengan Laos di pesta olahraga bangsa-bangsa ASEAN ini. Dan dalam liga itu, Indonesia menang dua kali atas Laos dan kalah sekali saja. Akan tetapi, bukan berarti kekalahan itu tanpa cela. Kekalahan terakhir itu malah terjadi di perjumpaan terakhir kedua tim.

Rapor Buruk Indonesia Lawan Laos di SEA Games 

Dalam tiga laga tersebut, pasalnya Indonesia menang dua kali dan kalah sekali. Di SEA Games 2009, yang pada saat itu dihelat di Laos, tuan rumah berhasil mengalahkan Garuda Muda dengan skor 2-0 lewat gol Lamnao Singto pada menit ke-66 dan 76. Selain kekalahan, Indonesia juga menelan kenyataan pahit lainnya. 

Kenyataan pahit itu adalah Indonesia juga gagal lolos ke babak semifinal setelah menempati posisi juru kunci di Grup B. Padahal saat itu, Indonesia tak satu grup dengan tim-tim kuat seperti misalnya Thailand atau pun Vietnam. 

Pertandingan di Imus Grandstand nanti secara tak langsung mengingatkan kembali momen buruk yang masih membekas di hati dan ingatan untuk tim asuhan Indra Sjafri ini. Timnas Indonesia U23 perlu belajar dari tren itu untuk tak kembali lagi tersandung di laga yang sangat krusial ini. 

Melawan Laos di laga terakhir Grup B menjadi penentuan bagi Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal SEA Games 2019 atau tidak lolos sama sekali. Menang berarti Osvaldo Haay cs menjadi satu dari 2 wakil Grup B di babak gugur. Kalau seri apalagi sampai kalah, maka harus melihat pertandingan lainnya saja yaitu antara Vietnam vs Thailand. 

Timnas Indonesia U23 vs Timnas Laos: Pertandingan Hidup dan Mati

Jika dilihat dari posisi klasemen, Timnas Indonesia U23 ini sekarang ada di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan 9 poin. Indonesia Cuma unggul selisih gol (+11) saja atas Thailand )+10) yang ada di posisi kedua. Thailand dan juga Vietnam pun bakal melakoni laga hidup dan mati. Apabila kedua tim bermain seri, maka tiket semifinal akan jadi milik Vietnam dan Indonesia. Dengan catatan, Indonesia tidak boleh kalah dari Laos.  

Indonesia juga tetap lolos ke semfinal kalau pun akhirnya kalah dari Laos, asalkan, margin gol Indonesia lebih besar dari margin gol kekalahan Thailand dan Vietnam. Apabila Indonesia menang dan Thailand mengalahkan Vietnam dengan margin 2 gol, maka kedua tim bakal melaju ke semifinal SEA Games 2019. Artinya, Indonesia akan bertemu dengan Thailand. 

Ini artinya toto hk Indra Sjafri memiliki PR berat mengingat timnas Thailand tak bisa disepelekan. Timnas Thailand bahkan bisa dikatakan performanya stabil. Namun Indra sendiri mengaku bahwa senang Vietnam dan Thailand mesti saling jegal untuk lolos ke semifinal ajang SEA Games 2019 ini.  Dua tiket lolos ke semifinal Grup B ini masih belum diketahui. Tiga tim yaitu Vietnam, Thailand dan Indonesia mesti bertarung sampai laga terakhir untuk menyegel tempat di semifinal. Indra, dilansir dari CNN Indonesia, mengaku situasi yang dihadapi Vietnam dan Thailand ini membuatnya senang karena harus saling jegal di laga terakhir.

Categories: Indonesia Juara Dunia, Indonesia Menangkan SEA Games, SEA Games 2019, SEA Games Indonesia Juara, Timnas Indonesia U23, TImnas Menang Juara

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *